Sertifikasi CFE

Sertifikasi CFE 2020-01-23T20:57:51+07:00

 

 

PENAWARAN PERSIAPAN UJIAN SERTIFIKASI CFE

(CFE EXAM PREPARATION COURSE)

2020

 PENDAHULUAN

Certified Fraud Examiner (CFE) adalah seorang spesialis dalam mencegah dan memberantas fraud. CFE merepresentasikan standar yang paling tinggi yang dimiliki ACFE dan memiliki keahlian dalam semua aspek dari profesi anti-fraud. Standar CFE di tentukan oleh ACFE Board of Regents, suatu dewan yang dipilih oleh para anggota CFE dari anggota ACFE yang paling berpengalaman.

Certified Fraud Examiner (CFE) merupakan pembuktian pengetahuan dan pengalaman pemegang sertifikasi tersebut sebagai seorang profesional di bidang anti-fraud. Dengan memperoleh CFE, seseorang menunjukkan kompetensi dan komitmen profesionalnya.

Syarat-syarat Untuk menjadi Seorang CFE

Kualifikasi untuk menjadi CFE mencakup karakter moral yang tinggi dan  memenuhi persyaratan profesional dan akademis minimum. Sebelum Peserta mendaftarkan diri untuk ujian CFE, Peserta harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Menjadi associate member ACFE;
  • Memenuhi persyaratan minimum akademis dan professional;
  • Memiliki karakter moral yang tinggi;
  • Setuju untuk mengikuti peraturan dan kode etik profesional dari Association of Certified Fraud Examiners.

Persyaratan akademis

Pada dasarnya, untuk mengikuti sertifikasi CFE, Peserta harus memiliki pendidikan setingkat sarjana (atau setara). Jika Peserta bukan sarjana, dengan persetujuan ACFE Internasional, Peserta dapat mensubstitusikan kekurangan tiap tahun studi akademisnya dengan pengalaman profesional yang berhubungan dengan fraud selama dua tahun.

Sebagai bukti pendukung bahwa Peserta memenuhi persyaratan akademis, Peserta diharuskan untuk menyertakan ijazah terakhir dalam bahasa Inggris atau sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Persyaratan karakter

Untuk mempertahankan standar tinggi yang dipegang oleh ACFE dan memastikan integritas seorang CFE, sangatlah penting untuk memastikan bahwa seluruh peserta memiliki karakter moral yang baik yang akan menjadi pendukung terhadap profesi CFE. Untuk itu setiap kandidat peserta ujian harus menyertakan CFE Candidate Recommendation Forms yang diisi oleh seseorang yang telah bekerja dengan kandidat dalam kapasitas profesional. Formulir tersebut harus ditulis dalam bahasa Inggris atau diterjemahkan ke bahasa Inggris dan dibuat untuk 3 pemberi rekomendasi.

Persyaratan administrasi

Mengisi formulir aplikasi ujian CFE (formulir tersedia) yang terdiri dari:

  1. CFE Exam Application Form
  2. Experience form
  3. 3 lembar Recommendation Forms

dan melampirkan bukti-bukti pendukung yaitu:

  • Translasi ijazah dalam Bahasa Inggris (Foto copy ijazah akademis asli dilampirkan)
  • Menyiapkan pasfoto terbaru (Softfile)
  • Menyiapkan KTP (Softfile)

Persyaratan Professional

Pada saat Peserta menerima sertifikasi, Peserta harus memiliki paling tidak dua tahun pengalaman secara langsung atau tidak langsung di bidang deteksi atau pencegahan fraud.

Pengalaman yang berhubungan dengan fraud menunjukkan bahwa Peserta telah bekerja secara penuh (full-time) dalam posisi yang berkontribusi terhadap pencegahan, deteksi atau antisipiasi fraud. Bidang yang berhubungan dengan fraud ditetapkan oleh The Board of Regents adalah:

  • Akuntansi dan Auditing: Peserta dapat diterima jika memiliki pengalaman sebagai akuntan atau auditor (internal atau external auditor) dan memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi dan mencegah fraud dengan mengevaluasi kelemahan sistem akuntansi, mendesain sistem pengendalian intern (internal control), menentukan tingkat risiko fraud di organisasi, menginterpretasikan data finansial untuk mendeteksi unusual trend dan menindaklanjuti indikator fraud.
  • Kriminologi dan Sosiologi: Peserta dapat diterima jika merupakan profesional dengan latar belakang pendidikan dan penelitian fraud dan white-collar crime dengan dimensi sosiologi atau kriminologi
  • Investigasi FraudPeserta dapat diterima jika memiliki pengalaman investigasi baik fraud yang bersifat civil (perdata) atau kriminal, atau white-collar crime di lembaga penegak hukum (law enforcement agency) atau di organisasi swasta ,
  • Pencegahan Kerugian (Loss Prevention): Peserta dapat diterima jika berhubungan dengan masalah pencegahan kerugian atau kehilangan (loss prevention) termasuk konsultan pengamanan (security) yang berhubungan dengan fraud.
  • Hukum: Kandidat yang memiliki pekerjaan di bidang hukum dapat diterima sepanjang dapat dibuktikan bahwa peserta memiliki pengalaman terkait fraud. Contoh: Jaksa, penasehat hukum, litigator fraud.
  • Lain-lain yang berhubungan dengan deteksi, investigasi, atau pencegahan fraud.

CFE Exam Prepration Course

  1. ACFE Indonesia Chapter menyelenggarakan kelas Persiapan Uian Sertifikasi CFE (CFE Exam Preparation Course) dengan menggunakan bahan/materi ujian dari ACFE Internasional. Kelas persiapan ini akan memberikan bimbingan dan latihan soal sehingga Peserta dapat melaksanakan ujian sertifikasi dengan lebih mudah.
  2. Kegiatan akan dilaksanakan selama lima hari kerja dan meliputi review atas seluruh materi yang akan diujikan dan latihan soal.
  3. Dalam melaksanakan latihan soal digunakan CFE Exam Preparation Course software (software kelas persiapan ujian sertifikasi CFE) yang akan diunduh di laptop masing-masing peserta. Untuk itu ada beberapa spesifikasi laptop yang harus dipenuhi agar software dapat beroperasi dengan baik, yaitu sebagai berikut:
  • Processor: 2GHz
  • RAM: 1 GB Ram
  • Sistem Operasi Windows XP Service Pack 3 atau setelahnya, Windows Vista atau Windows 7 (Service Pack 1), Windows 8.1, windows 10 bukan Mac book
  • Disk Space: 150MB tersedia ruang disk
  • Laptop tidak menggunakan Firewall apapun
  • Layar berwarna beroperasi minimal 1024×768 (disarankan 1280×1024)
  • Internet yang akan digunakan minimal dapat mengunggah (upload) sebesar 2 Mbps dan mengunduh (download) sebesar 2 Mbps. Koneksi Internet akan digunakan untuk melakukan aktivasi produk dan untuk mengirimkan (submit) hasil latihan yang ada dalam software dan mengirimkan hasil pelaksanaan Ujian CFE
  • NET Framework 4.7.2
  • Web Camera
  • Microphone
  • Browser: Chrome

Ujian Sertifikasi CFE (CFE Exam)

Ujian Sertifikasi CFE terdiri dari 400 soal yang dibagi dalam empat subyek: Prevention and Deterrence, Financial Transactions and Fraud Schemes, Investigation serta Law, dengan  pokok-pokok bahasan berikut:

  • Fraud Prevention and Deterrence—Menguji pengetahuan Peserta akan penyebab seseorang memutuskan untuk melakukan fraud dan bagaimana cara untuk mencegahnya. Pokok bahasan dalam subyek ini meliputi: penyebab crime; white-collar crime; occupational fraud; pencegahan fraud; penilaian risiko fraud; the ACFE Code of Personal Ethics;
  • Financial Transactions and Fraud Schemes—Menguji pengetahuan Peserta tentang jenis-jenis kecurangan dalam transaksi keuangan yang sering terjadi dalam pembukuan akuntansi. Untuk lulus subyek ini, Peserta harus mampu menguasai konsep-konsep berikut: Dasar-dasar Akuntansi dan Audit; Fraud schemes; Kontrol Intern dan materi-materi audit dan akuntansi lainnya;
  • Investigation—Soal-soal dalam subyek ini meliputi bahasan: Proses wawancara; Pembuatan pernyataan; Mendapatkan informasi dari publik; Penelusuran transaksi mencurigakan; Evaluasi kecurangan dan penulisan laporan;
  • Law—Menguji pengetahuan Peserta tentang akibat hukum, pelaksanaan pengujian terhadap fraud, termasuk hukum sipil, jenis-jenis bukti, hak-hak tersangka dan saksi.

Setiap subyek yang diujikan dalam Ujian Sertifikasi CFE akan memakan waktu 120 menit untuk menyelesaikan 100 soal. Ujian dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi khusus ujian (Examity), berlangsung secara online, menggunakan webcam dan microphone selama ujian yang dikoneksikan dengan Bagian Exam di ACFE International sebagai pengawas ujian. Pelaksanaan Ujian dapat dilaksanakan di ruang kelas ACFE Indonesia Chapter atau di tempat lain sesuai kebutuhan peserta.

Bagi Peserta yang tidak lulus diberikan kesempatan untuk mengulang 2 kali. Apabila kali ke 3, Peserta belum lulus untuk seluruh subyek, maka Peserta diharuskan mengulang ujian untuk keseluruhan subyek. Setelah 3 kali ujian, masih ada subyek yang belum lulus, maka peserta akan kehilangan 1 subyek yang lulus di awal dan dianggap untuk subyek tersebut Peserta belum lulus dan harus mengulang.

Waktu Pelaksanaan CFE Exam Preparation Course

 CFE Exam Preparation Course yang dilaksanakan untuk umum akan diselenggarakan di ruang kelas di ACFE Indonesia Chapter pada tanggal :

  • 3-7 Februari 2020
  • 13-17 April 2020
  • 3-7 Agustus 2020
  • 5-9 Oktober 2020

Untuk CFE Exam, kami menyarankan untuk diselenggarakan sendiri-sendiri oleh peserta.

Biaya Sertifikasi CFE

Biaya Sertifikasi CFE sebesar Rp 28.000.000/orang, terdiri dari penyelenggaraan CFE Exam Preparation Course, pendaftaran keanggotaan Associate, pembelian Software, dan pendaftaran ujian CFE. Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya setelah Invoice di terima. Biaya untuk penyelenggaraan ujian dibebankan secara terpisah sesuai dengan tempat pelaksanaan ujian.

In-House Training

Kegiatan ini juga dapat dilaksanakan dalam bentuk in-house training, yang pola dan waktunya dapat didiskusikan dan disesuaikan dengan kesepakatan antara pihak pengguna jasa dengan ACFE Indonesia.