2018 Integrity Day Fest – ACFE Indonesia dan PKN STAN Sambut Hari Anti Korupsi Sedunia

Tepat hari ini Ahad, 9 Desember 2018, masyarakat di seluruh dunia tengah memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia. ACFE Indonesia Chapter pun tak ketinggalan menyambutnya dengan mendukung gelaran 2018 Integrity Day Fest, hasil kolaborasi antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Spesialisasi Anti Korupsi (SPEAK), Badan Audit Kemahasiswaan (BAK) dan jajaran Kelembagaan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN serta Kementerian Keuangan.

Integrity Day Fest merupakan kelanjutan dari Anti Corruption (Action) Fest 2018 yang telah diawali dengan penyelenggaraan Lomba Video Blog (Vlog) bertepatan dengan kampanye Fraud Awareness Week November lalu serta Diskusi terkait Integritas pada 2 Desember 2018. Kompetisi vlog yang terbuka bagi mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia ini menjadi sarana untuk mendorong partisipasi aktif kalangan civitas academica sekaligus sebagai pembelajaran dalam meningkatkan awareness terhadap isu-isu kecurangan dan korupsi di Indonesia. Pemenang kompetisi ini akan diumumkan di akhir penyelenggaraan Integrity Day Fest.

Bertempat di Student Center Kampus PKN STAN Bintaro, Tangerang Selatan, Integrity Day Fest dibuka dengan penampilan Tari Saman persembahkan mahasiswa PKN STAN. Selain pengumuman lomba vlog, acara ini juga menyajikan talkshow anti korupsi dengan menghadirkan narasumber yang kompeten di antaranya Presiden ACFE Indonesia Chapter Gatot Trihargo, Kepala Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan Bima Suprayoga, Komisioner KPK periode 2003-2017 sekaligus Kepala SKK Migas periode 2014-2018 Amien Sunaryadi,  Komisioner KPK periode 2007-2011 Haryono Umar serta Alexander Marwata, salah satu Komisioner KPK saat ini.

Tak kurang dari 3000 peserta, mayoritas merupakan mahasiswa, yang hadir dalam festival ini sangat menyoroti pentingnya peran serta dan kesadaran generasi milenial dalam meningkatkan integritas dan fraud awareness serta perlunya terus mengikuti perkembangan yang telah dicapai elemen bangsa ini dalam melawan korupsi termasuk tantangannya di masa mendatang.

ACFE Indonesia Chapter berharap melalui dukungan terhadap kegiatan ini menjadi salah satu upaya nyata dalam mewujudkan visi “Together Reducing Fraud Worldwide”. Selamat Hari Anti Korupsi Sedunia, Jayalah Terus Indonesia. (acfe-ic_publikasi)

2018-12-09T22:43:41+00:00 December 9th, 2018|