ACFE Indonesia Chapter Hadir di 7th Annual FAMI Summit 2018

Forum Auditor Migas (FAMI) sukses menggelar FAMI Summit 2018 pada Selasa-Rabu, 23-24 Oktober 2018 di City Plaza, Jakarta. Dalam kegiatan yang telah memasuki tahun ketujuh penyelenggaraan ini, ACFE Indonesia Chapter terlibat dalam pembahasan dan diskusi sesuai topik yang diangkat yaitu “Thrive for Innovation with Integrity”.

Paparan, diskusi panel maupun workshop disajikan beriringan dengan menghadirkan narasumber yang kompeten, diantaranya Amien Sunaryadi – Kepala SKK Migas, Rhenald Kasali –  Guru Besar UI, Ardan Adiperdana – Kepala BPKP, Poppy Amalya – Mata dan Ekspresi, Becquini Akbar – Gojek dan Eep Saefulloh Fatah – CEO PolMark Indonesia.

Presiden ACFE Indonesia Chapter, Gatot Trihargo, pun hadir sebagai salah satu panelis dalam diskusi bertajuk “Developing Integrity and Competency of GRC Professionals” bersama Hari Setianto – IIA Indonesia dan Antonius Alijoyo – CRMS. Gatot memulai paparan dengan menggambarkan bagaimana seharusnya auditor berperan bagi organisasi dan pentingnya membangun integritas.

“Posisi Internal Auditor ada di leher CEO (Chief Executive Officer). Apabila di leher CEO apakah kemudian harus berseberangan dengan CEO? Jawabannya tidak. Tugas (Internal Auditor) di leher CEO adalah bagaimana mengamankan kebijakan pimpinan dan organisasi secara keseluruhan serta bagaimana menjabarkan hal tersebut di lapangan. Hal tersebut tidaklah mudah”, tutur Gatot.

Gatot menjelaskan bahwa Internal Auditor harus mampu menjawab kebutuhan CEO maupun pemegang saham terutama dalam rangka safeguarding corporate dan memberikan business value. Menurutnya hal tersebut tidak saja berhubungan dengan bagaimana internal auditor bekerja, tetapi juga bagaimana hasil kerja internal auditor bisa memberikan nilai (value) yang baik. Untuk itu, Gatot mengingatkan agar Internal Auditor memiliki reputasi yang baik dan selalu menjaganya melalui penguatan integritas dan pengembangan kompetensi.

ACFE Indonesia Chapter juga turut memeriahkan kegiatan ini dengan membuka booth pameran guna memperkenalkan keberadaan asosiasi, mempromosikan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan dan terus mengkampanyekan motto ACFE “Together Reducing Fraud Worldwide” . (acfe-ic_publikasi)

2018-11-11T10:36:15+00:00 October 26th, 2018|