RTD Januari 2019 : Building an Effective Ethics Program

Jumat (25/01) lalu, ACFE Indonesia Chapter menyelenggarakan Round Table Discussion (RTD) sebagai kegiatan pembuka di tahun 2019. Bertempat di Gedung Menara Taspen, Jakarta, RTD bulan ini mengetengahkan topik yang wajib dipenuhi CFE Holder yaitu ethic. Diah Anggreni, Direktur Eksekutif ACFE IC memberi sambutan pembukaan dan menyampaikan agenda kegiatan ACFE IC di tahun 2019 diantaranya rencana penyelenggaraan NAFC 2019 yang akan bertempat di Bali bulan Juli mendatang.

Jalannya diskusi dipandu oleh Direktur Publikasi ACFE IC, Hardini Lestiani Hernusa dengan menghadirkan Indra Gunawan, Lead Auditor SKK Migas sebagai Narasumber. Berjudul “Building an Effective Ethics Program”, Indra mengawali paparan yang menunjukkan kondisi bahwa tone from the top saja masih belum cukup memadai untuk mencegah fraud.

Indra menerangkan hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam membangun program etika di antaranya adalah perlu adanya pedoman etika yang do-able sehingga dapat diimplementasikan secara konkret, kejelasan pemisahan tugas dan tanggung jawab, pemberlakuan peraturan secara adil dan konsisten, ketegasan dalam proses penindakan dan pemberian sanksi serta training/sosialisasi secara berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini, SKK Migas menjadi contoh studi kasus terkait upaya organisasi dalam menghadapi permasalahan etika dan memperbaiki kondisi tersebut agar tujuan organisasi tercapai dengan mengedepankan nilai-nilai etika dan integritas. (acfe-ic_publikasi)

 

2019-01-29T07:34:45+00:00 January 29th, 2019|