ACFE IC dan Understanding Fraud dalam Jakpro Leaders’ Talk

PT Jakarta Propertindo (Jakpro), salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, mengundang ACFE Indonesia Chapter sebagai salah satu narasumber dalam “Jakpro Leaders’ Talk” pada Selasa (23/04/2019) lalu. Mengangkat tema “Penegakan Integritas : BUMD Bersih, Kite Banget!”, Jakpro juga menghadirkan Alexander Marwata (Wakil Ketua KPK) dan Muhammad Sigit (Deputi Bidang Pencegahan PPATK) sebagai narasumber lainnya.

Forum diskusi yang ditujukan bagi seluruh direksi dan pengelola BUMD di lingkungan Provinsi DKI Jakarta ini dilatarbelakangi oleh adanya keresahan atas kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap beberapa pejabat BUMN akhir-akhir ini.

Dikutip dari akuratnews.com, Direktur Utama Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto berharap agar kejadian OTT yang dilakukan KPK dapat menjadi pembelajaran bagi BUMD agar terhindar dari kondisi serupa. Untuk itu Ia menghimbau individu-individu pejabat dan jajaran pengelola BUMN maupun BUMD agar memahami dan mengelola sistem Good Corporate Governance (GCG) dengan baik sebagai upaya preventif berkelanjutan sehingga dapat terhindar dari jerat kejahatan korporasi.

ACFE Indonesia Chapter yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh S. Alexander Sianturi, mengangkat materi diskusi terkait “Understanding Fraud”. Alex menjelaskan terminologi fraud, hasil penelitian ACFE Global terkait pelaku maupun pelapor fraud, pendeteksian serta strategi anti-fraud sebagaimana tertuang dalam Report to The Nations : 2018 Global Study on Occupational Fraud and Abuse. Selain itu, Alex juga memaparkan COSO Fraud Risk Management Guide dan Integrity Agenda.

Forum diskusi ini diharapkan dapat bergulir secara rutin guna membangun budaya belajar bersama dan memperkuat GCG masing-masing BUMD di lingkungan Provinsi DKI Jakarta.

 

link terkait :

akuratnews.com

topbusiness.id

 

2019-04-24T15:21:12+00:00 April 24th, 2019|