ACFE-IC Kini Tergabung dalam Cyber Security Multi-Stakeholders Forum BSSN

Senin (25/09/2018) lalu, ACFE Indonesia Chapter berpartisipasi dalam Cyber Security Multi-stakeholder Meet up bersama perwakilan dari 17 Kementerian/Lembaga dan 42 asosiasi yang berhubungan dengan smart city, infrastruktur, sektor audit informasi, auditor fraud dan digital forensic. Forum yang digagas oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tersebut bertujuan membangun sinergitas dan kolaborasi para pemangku kepentingan guna mewujudkan ketahanan nasional Indonesia terutama yang berkaitan dengan keamanan siber.

Bertempat di Aula Roebiono Kertopati Jakarta Selatan, kegiatan ini dibuka oleh Kepala BSSN, Djoko Setiadi. Ia menjelaskan bahwa forum ini akan diadakan secara rutin guna membahas keamanan siber nasional baik sektor pemerintah, sektor infrastruktur informasi kritikal nasional maupun sektor ekonomi digital.

Sebagai pengantar diskusi, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan BSSN, Asep Chaerudin, memaparkan Tugas dan Fungsi BSSN serta Peran BSSN dalam penanggulangan potensi ancaman siber di Indonesia. Asep juga memimpin jalannya diskusi serta menampung masukan dari seluruh partisipan yang berhubungan dengan penyusunan pola tindak identifikasi, deteksi, penanggulangan dan pemulihan serta penataan dan pengendalian yang efektif dan efisien ketika terjadi insiden siber.

Dalam forum ini ACFE Indonesia Chapter tergabung dalam gugus di bawah koordinasi Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi BSSN, yang secara khusus berkontribusi dalam pembahasan terkait Sosialisasi dan Kesiapan Audit Sistem Elektronik. Selain ACFE Indonesia Chapter, gugus tersebut juga melibatkan tiga asosiasi profesi lainnya, yaitu Information Systems Audit and Control Association (ISACA), Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia (IASII), dan Ikatan Audit Teknologi Indonesia (IATI). (ACFE-IC_publikasi)

 

link berita terkait:

BSSN

eksekutif.id

matranews.id

2018-10-15T12:21:41+00:00 September 28th, 2018|